Thursday, November 15, 2012

Contoh RPP Al-Qur'an Hadits Kelas XI


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi:
1.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya

B.    Kompetensi  Dasar
1.1    Mengartikan QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukuir nikmat
  
C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Membaca QS. Az-Zuhruf:9-13
    Membaca QS.Al-’Ankabut:17
    Membaca hadits tentang syukur nikmat
    Menyebutkan makna mufradat
    Mengartikan QS. Az-Zuhruf:9-13
    Mengartikan QS. Al-’Ankabut:17  
    Mengartikan hadits tentang syukur nikmat

D.    Materi Pembelajaran :
    Arti QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Small Group)
    Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluaan
    Siswa membaca do’a.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal mengenai nikmat Allah

o    Kegiatan Inti
    Siswa dibagi 7 kelompok (sesuai dengan pokok permasalahan yang akan dibahas).
    Guru membagikan bahan permasalahan kepada masing-masing kelompok.
    Setiap kelompok mencari jawaban sesuai dengan permasalahan yang ada {pengertian dan contoh macam-macam nikmat), dengan cara masing-masing anggota kelompok memberikan pendapat
    Setiap kelompok membuat rumusan hasil jawaban dari pertanyaan yang ada
    Guru memandu proses diskusi masing- masing kelompok
    Setiap kelompok  menyampaikan hasil jawabannya ( pengertian dan contoh satu  macam nikmat saja) . Kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan atau menyempurnakan jawaban berdasarkan hasil rumusan kelompok atau pendapat lain.
    Dilanjutkan tampilan kelompok lain dengan nikmat yang ke dua dengan cara yang sama. Dan seterusnya samapai macam nikmat yang terakhir.
    Guru dan siswa mendiskusikan permasalahan untuk mencapai kesepakatan bersama.  . .
    Tanya jawab dengan guru apabila ada masalah yang belum dimengerti.

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan tugas individu
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa menyanyikan lagu syukur dengan khidmat. “Dari yakinku teguh …….dst”

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA


……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran


……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
1.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya

B.    Kompetensi  Dasar
1.2    Menjelaskan isi kandungan QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur
  
C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menjelaskan kandungan ayat tentang macam-macam karunia nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf:9-13
    Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah berdo’a ketika naik kendaraan sebagaimana   terkandung dalam QS Az-Zuihruf :13
    Menjelaskan kandungan ayat tentang  mensyukuri nikmat Allah sebagaimana yang terkandung dalam  QS.Al-‘Ankabut:17
    Menjelaskan kandungan ayat tentang cara mensyukuri nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam hadits tentang syukur nikmat

D.    Materi Pembelajaran :
    QS. Az-Zuhruf:9-13
    Membahas nikmat karunia Allah yang diberikan kepada manusia.
    QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur.
    Cara mensyukuri nikmat Allah

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Small Group)
    Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluaan
    Siswa membaca do’a.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal mengenai nikmat Allah

o    Kegiatan Inti
    Menggali informasi mengenai nikmat Allah dan cara mensyukurinya dari berbagai sumber belajar.
    Membahas satu persatu kandungan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya dengan tanya jawab dan diskusi kelompok

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan tugas individu
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa menyanyikan lagu syukur dengan khidmat. “Dari yakinku teguh …….dst”

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta,
    M.Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet
    Lingkungan sosial
    Media audio visual
    Media cetak

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
1.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya

B.    Kompetensi  Dasar
1.3    Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur
  
C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menunjukkan perilaku orang yang mengagungkan Allah yang telah menciptakan alam .
    Menunjukkan perilaku orang memakmurkan bumi sebagai karunia Allah.
    Menunjukkan orang yang mengelola bumi dengan memanfaatkan air
    Menunjukkan perilaku  orang yang mengembangkan ciptaan Allah sebagai media transportasi.
    Menunjukkan perilaku orang yang selalu mensyukuri karunia Allah.
    Menunjukkan perilaku orang yang berdoa ketika naik kendaraan
    Menunjukkan perilaku orang yang pandai berterimakasih kepada sesama sebagai perwujudan syukur kepada Allah

D.    Materi Pembelajaran :
    QS. Az-Zuhruf:9-13
    Membahas nikmat karunia Allah yang diberikan kepada manusia.
    QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur.
    Cara mensyukuri nikmat Allah

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Small Group)
    Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluaan
    Siswa membaca do’a.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal mengenai nikmat Allah

o    Kegiatan Inti
    Siswa dibagi 7 kelompok (sesuai dengan pokok permasalahan yang akan dibahas).
    Guru membagikan bahan permasalahan kepada masing-masing kelompok.
    Setiap kelompok mencari jawaban sesuai dengan permasalahan yang ada {pengertian dan contoh macam-macam nikmat), dengan cara masing-masing anggota kelompok memberikan pendapat
    Setiap kelompok membuat rumusan hasil jawaban dari pertanyaan yang ada
    Guru memandu proses diskusi masing- masing kelompok
    Setiap kelompok  menyampaikan hasil jawabannya ( pengertian dan contoh satu  macam nikmat saja) . Kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan atau menyempurnakan jawaban berdasarkan hasil rumusan kelompok atau pendapat lain.
    Dilanjutkan tampilan kelompok lain dengan nikmat yang ke dua dengan cara yang sama. Dan seterusnya samapai macam nikmat yang terakhir.
    Guru dan siswa mendiskusikan permasalahan untuk mencapai kesepakatan bersama.
    Tanya jawab dengan guru apabila ada masalah yang belum dimengerti.

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan tugas individu
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa menyanyikan lagu syukur dengan khidmat. “Dari yakinku teguh …….dst”

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
1.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya

B.    Kompetensi  Dasar
1.4    Mengidentifikasikan macam-  macam  nikmat  Allah.sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf: 9-13
  
C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menjelaskan maksud nikmat fitrah.
    Menunjukkan nikmat diniyah seperti terkandung dalam QS az-Zuhruf :9
    Menjelaskan maksud nikmat rohaniah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf : 12
    Menjelaskan nikmat alamiah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf : 10-11
    Menjelaskan maksud nikmat hayat.
    Menunjukkan contoh dari nikmat ikhtiariyah
    Menjelaskan maksud nikmat hurriyah

D.    Materi Pembelajaran :
    Macam-macam nikmat Allah:
    Nikmat fitrah
    Nikmat diniyah
    Nikmat rohaniah
    Nikmat alamiah
    Nikmat hayat
    Nikmat ikhtiyariyah
    Nikmat hurriyah

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Small Group)
    Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi



F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluaan
    Siswa membaca do’a.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal mengenai nikmat Allah

o    Kegiatan Inti
    Tanya jawab tentang macam-macam nikmat. 
-    Secara berkelompok mendiskusikan kandungan masing –masing ayat dari QS. Az-Zuhruf:9-13 yang berkaitan dengan macam-macam nikmat Allah.
-    Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan tugas individu
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa menyanyikan lagu syukur dengan khidmat. “Dari yakinku teguh …….dst”

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta,
    Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia 
    M.Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet
    Lingkungan sosial
    Audio visual

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
1.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya

B.    Kompetensi  Dasar
1.5    Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti terkandung dalam QS. Al-Ankabut: 17, dan haditstentang syukur nikmat
  
C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menfungsikan seluruh nikmat Allah sesuai syari’at ajaran Islam
    Melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan larangannya
    Mengucapkan terimakasih sebagai perwujudan rasa yukur.sebagaimana terkandung dalam hadits
    Mengucapkan lafadz alhamdulillah sebagai perwujudan rasa  syukur
    Menunjukkan perilaku qona’ah sebagai perwujudan rasa syukur.
    Melaksanakan perilaku bersyukur dengan melihat keadaan orang yang lebih rendah dari kita.
    Mengeluarkan zakat apabila telah memenuhi persyaratan.
    Bershodaqah kepada yang berhak sebagai wujud syukur bil maal
    Membantu dalam bentuk perbuatan terhadap orang yang mengalami kesulitan sebagai wujud syukur bil af ’aal.
    Menirukan perilaku orang yang selalu menunjukkan rasa syukurnya kepada Allah .
    Menghafalkan do’a naik kendaraan dan melaksanakannya
    Menghafalkan do’a mensyukuri nikmat dan melaksanakannya

D.    Materi Pembelajaran :
    cara-cara mensyukuri nikmat Allah :
-    Billisan
-    Bil hal
-    Bil maal
-    Bil af ’aal

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Small Group)
    Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluaan
    Siswa membaca do’a.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal mengenai nikmat Allah

o    Kegiatan Inti
    Tanya jawab tentang cara-cara mensyukuri nikmat Allah
    Secara berkelompok mendiskusikan kandungan  dari QS. Al-Ankabut: 17, dan haditstentang syukur nikmat tentang pelaksanaan syukur dalam kehidupan.
    Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan tugas individu
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa menyanyikan lagu syukur dengan khidmat. “Dari yakinku teguh …….dst”

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta,
    Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia 
    M.Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet
    Lingkungan sosial
    Audio visual

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Hafalan
–    Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
2.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

B.    Kompetensi  Dasar
2.1    Mengartikan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
  
C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Membaca QS. Ar-Rum: 41-42
    Membaca QS. Al-A’rof: 56-58 
    Membaca QS. Shad:7
    Membaca QS. Al-Furqon: 45-50   
    Membaca QS Al-Baqarah204-206
    Menyebutkan makna mufradat
    Mengartikan QS. Ar-Rum: 41-42
    Mengartikan QS. Al-A’rof: 56-58 
    Mengartikan. QS. Shad:7
    Mengartikan. QS. Al-Furqon: 45-50   
    Mengartikan. QS. Al-Baqarah204-206

D.    Materi Pembelajaran :
    Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Small Group)
    Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluaan
    Siswa membaca do’a.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal mengenai lingkungan hidup

o    Kegiatan Inti
    Membaca ayat tentang perintah menjaga kekelestarian lingkungan hidup
    Tanya jawab makna mufrodat secara acak
    Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan perintah menjaga kekelestarian lingkungan hidup

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan tugas individu
    Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Tes Obyektif
–    Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
2.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

B.    Kompetensi  Dasar
2.2    Menjelaskan kandungan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
  
C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menjelaskan kandungan ayat ten-tang akibat perbuatan manusia yang baik dan buruk sebagaimana terkandung dalam QS. Ar-Rum: 41-42
    Menjelaskan kandungan ayat ten-tang  larangan membuat kerusakan dimuka bumi seperti  terkandung dalam QS Al-A’rof:56-58.
    Menjelaskan kandungan ayat tentang  pendayagunaan sumber alam seperti terkandung dalam  QS.Al-Furqon:45-50.
    Menjelaskan kandungan ayat tentang semua ciptaan Allah pasti ada hikmahnya sebagaimana terkandung dalam QS. Shad:27.
    Menjelaskan asbabun nuzul QS Al-Baqarah 204-205
    Menjelaskan kandungan ayat tentang perbuatan munafiq  sebagaimana terkandung dalam QS. Al-Baqqoroh:204-206

D.    Materi Pembelajaran :
    Q.S. Ar-Rum: 41-42
    QS.Al-A’rof: 56-58
    Inti materi :
-    Akibat yang baik dan buruk dari perbuatan manusia
-    Larangan membuat kerusakan QS Shad:27
    Allah menciptakan segala sesuatu pasti ada hikmahnya QS. Al-Furqon: 45-50
    Pendayagunaan sumber alam karunia Allah QS. Al-Baqarah: 204-206.
    Perbuatan munafik yang menyebabkan rusaknya lingkungan

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Small Group)
    Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluaan
    Siswa membaca do’a.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal mengenai lingkungan hidup

o    Kegiatan Inti
    Menggali informasi mengenai perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup  berbagai sumber belajar.
    Membahas satu persatu kandungan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206 dengan tanya jawab dan diskusi kelompok

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan tugas individu
    Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet
    Lingkungan sosial
    Media audio visual
    Media cetak

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Tes Obyektif
–    Tugas Individual







Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi:
2.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

B.    Kompetensi  Dasar
2.3    Menunjukkan  perilaku orang yang mengamal-kan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
  
C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menunjukkan akibat perilaku orang yang berbuat baik dan orang yang berbuat buruk.
    Menunjukkan perilaku orang yang menjaga kelestarian lingkungan hidup.
    Menunjukkan perilaku orang yang pandai mengambil hikmah dari setiap ciptaan Allah.
    Menunjukkan perilaku orang yang mendayagunakan sumber alam
    Menunjukkan akibat perilaku orang yang berbuat munafik

D.    Materi Pembelajaran :
    Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Small Group)
    Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluaan
    Siswa membaca do’a.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal mengenai lingkungan hidup

o    Kegiatan Inti
    Secara berkelompok berdiskusi mengenai sosok orang yang menjaga kelestarian lingkungan hidup
    Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat.
    Memperhatikan ceramah para mubaligh

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan tugas individu
    Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet
    Lingkungan sosial
    Media audio visual
    Media cetak

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Tes Obyektif
–    Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
2.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

B.    Kompetensi  Dasar
2.4    Menerapkan prilaku menjaga  kelestarian lingkungan hidup sebagaimana terkandung dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 dan QS. Shad:27. QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
  
C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Mengadakan perjalanan di bumi untuk mengambil pelajaran dari setiap peristiwa
    Melaksanakan aktifitas yang ada manfaatnya dan berakibat baik.
    melaksanakn gerakan pelestarian lingkungan hidup yang baik.
    Mengadakan kegiatan bakti sosial untuk membantu orang yang sangat memerlukan.
    Menggunakan cahaya matahari untuk memenuhi keperluan sehari-hari
    Membuat jadwal kegiatan rutin yang dilaksanakan secara disiplin untuk penggunaan waktu secara  efektif.
    Meninggalkan perilaku munafik

D.    Materi Pembelajaran :
    Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Small Group)
    Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluaan
    Siswa membaca do’a.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal mengenai lingkungan hidup

o    Kegiatan Inti
    Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang
    Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat tentang  perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan tugas individu
    Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet
    Lingkungan sosial
    Media audio visual
    Media cetak

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Tes Obyektif
–    Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran



A.    Standar Kompetensi:
3.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa .

B.    Kompetensi  Dasar
3.1    Mengartikan QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Membaca QS. Al-Qoshosh: 79-82.
    Membaca QS. Al-Isro’: 26-27. 
    Membaca QS. Al-Isro’: 29-30. 
    Membaca QS. Al-Baqarah: 177.
    Membaca Hadits. tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
    Menyebutkan makna mufradat
    Mengartikan QS. Al-Qoshosh: 79- 82.
    Mengartikan QS. Al-Isro’: 26-27. 
    Mengartikan QS. Al-Isro’: 29-30. 
    Mengartikan QS. Al-Baqarah: 177.
    Mengartikan Hadits. tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa

D.    Materi Pembelajaran :
    Arti dari:
-    QS. Al-Qoshosh: 79-82,
-    QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30
-    QS. Al Baqarah : 177 
-    Hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
o    Kegiatan Inti
    Membaca ayat dan hadits tentang
    Pola hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa.
    Tanya jawab makna mufrodat secara acak.
    Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat dan hadits yang terkait dengan pola hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa’

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Tugas Obyektif






Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran



A.    Standar Kompetensi:
3.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa .

B.    Kompetensi  Dasar
3.2    Menjelaskan kandungan QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap sombong yang dilakukan Qarun  seperti terkandung dalam QS. Al-Qoshosh:79-82.
    Menjelaskan asbabun nuzul QS Al-Isra’:26
    Menjelaskan kandungan ayat tentang menyantuni kerabat, orang miskin dan ibnu sabil sebagaimana terkandung dalam QS Al-Isra’: 26
    Menjelaskan kandungan ayat tentang  hidup sederhana seperti yang terkandung dalam QS Al-Isra; 26-27
    Menjelaskan kandungan ayat tentang  larangan kikir  dan akibatnya seperti  terkandung dalam QS Al-Isro’:29.
    Menjelaskan kandungan ayat tentang kekuasaan Allah dalam melimpahkan rizki kepada yang dikehendaki  seperti  terkandung dalam  QS.Al-Isro’:29-30.
    Menjelaskan asbabun nuzul QS Al-aqarah:177
    Menjelaskan kandungan ayat tentang  menyantuni kerabat, anak yatim, orang miskin, ibn sabil, orang meminta-minta dan riqab seperti  terkandung dalam QS. Al-Baqoroh:177.
    Menjelaskan kandungan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa’

D.    Materi Pembelajaran :
    Penjelasan
-    QS. Al-Qoshosh: 79-82
-    QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30
-    QS. Al Baqarah : 177 
-    hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa


E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
o    Kegiatan Inti
    Menggali informasi mengenai pola hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa’ dari  berbagai sumber belajar.
    Membahas satu persatu kandungan Q.S. Al-Qoshosh: 79-82, QS.Al-Isra’: 26-27, 29-30, QS. Al-Baqoroh:177, dengan tanya jawab dan diskusi kelompok

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Tugas Obyektif



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran



A.    Standar Kompetensi:
3.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa .

B.    Kompetensi  Dasar
3.3    Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang meng-amalkan QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menunjukkan perilaku orang tidak sombong dan berpola hidup sederhana seperti terkandung dalam QS. Al-Qoshosh:79-82.
    Menunjukkan perilaku orang berilmu dalam menanggapi sikap sombong seseorang seperti terkandung dalam QS. Al-Qoshosh:79-82.
    Menunjukkan perilaku orang yang Menyantuni kerabat, orang miskin dan ibnu sabil seperti  terkandung dalam QS Al-Isro’:26-27.
    Menunjukkan perilaku orang yang hidup sederhana seperti yang terkandung dalam QS Al-Isra; 26-27
    Menunjukkan akibat perilaku orang yang kikir seperti  terkandung dalam  QS.Al-Isro’:29-30.
    Menunjukkan perilaku orang yang menyantuni kerabat, anak yatim, orang miskin, ibn sabil, orang meminta-minta dan riqab seperti  terkandung dalam QS. Al-Baqoroh:177.
    Menunjukkan perilaku orang yang menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung hadits

D.    Materi Pembelajaran :
    Perilaku  yang terkandung dalam QS. Al-Qoshosh: 79- 82
    Kisah Karun dan kekayaannya yang harus menjadi pelajaran bagi manusia  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30
    Hidup sederhana dengan tidak berlebih-lebihan
    Larangan kikir  QS. Al Baqarah : 177 
    Pokok-pokok kebaikan diantaranya menyantuni kaum dhu'afa.
    Hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa



E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
o    Kegiatan Inti
    Memperhatikan ceramah para mubaligh melalui media CD, Kaset dll
    Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang berpola hidup sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa.
    Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat dan hadits

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet
    Lingkungan sosial
    Majlis ta’lim
    Media audio visual
    Media cetak

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Tugas Individu



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran



A.    Standar Kompetensi:
3.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa .

B.    Kompetensi  Dasar
3.4    Menerapkan perilaku sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa seperti terkandung dalam QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menampilkan sikap yang rendah hati(tidak sombong)
    Bersikap yang bijaksana sebagai orang yang berilmu
    Memiliki sifat yang sabar dalam menghadapi ujian.
    Membiasakan menyantuni kerabat, orang miskin dan ibnu sabil
    Menampilkan sikap yang sederhana dalam kehidupan .
    Berakhlak mulia terhadap kerabat, anak yatim, orang miskin, ibn sabil, orang meminta-minta dan riqab
    Menunjukkan sikap peduli dengan menyantuni kaum dhuafa’
    Memprakarsai kegiatan-kegiatan sosial untuk membantu kaum dhu’afa

D.    Materi Pembelajaran :
    Penerapan perilaku sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa seperti terkandung dalam QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa


E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
o    Kegiatan Inti
    Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa
    Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat tentang  perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet
    Lingkungan sosial
    Majlis ta’lim
    Media audio visual
    Media cetak

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Subyektif
–    Tugas Individu



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
4.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang berkompetisi dalam kebaikan

B.    Kompetensi  Dasar
4.1    Mengartikan  QS. Al Baqarah :148; QS. Faathir : 32 dan  QS. An Nahl : 97

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Membaca QS. Al- Al Baqarah :148
    Membaca QS. Faathir : 32 -. 
    Membaca QS. An Nahl : 97.
    Menyebutkan makna mufradat
    Mengartikan QS. Al- Al Baqarah :148
    Mengartikan QS. Faathir : 32
    Mengartikan QS. An Nahl : 97

D.    Materi Pembelajaran :
    Arti dari QS. Al Baqarah :148; QS.Faathir : 32 dan  QS. An Nahl : 97

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar
o    Kegiatan
    Siswa dibagi dalam ke-lompok.Masing-masing kelompok 4 orang
    Tiap kelompok membaca ayat dan masing-masing anak saling menyimak dan membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat dalam bacaannya.
    Setiap kelompok mem-pelajari makna mufro-dat dengan tanya jawab
    Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  yang terkait dengan berkompetisi dalam kebaikan

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tes Subyektif



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
4.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang berkompetisi dalam kebaikan

B.    Kompetensi  Dasar
4.2    Menjelaskan  kandungan QS. Al Baqarah :148 ; QS. Faathir : 32 dan QS. An Nahl : 97

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menjelaskan kandungan ayat tentang orang yang berlomba dalam keaikan seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah:148
    Menjelaskan kandungan ayat tentang tingkatan orang mukmin dalam mengamalkan al-Qur’an seperti terkandung dalam  QS Faathir:32
    Menjelaskan kandungan ayat tentang  amal shalih  seperti yang terkandung dalam QS An- Nahl 97

D.    Materi Pembelajaran :
    Penjelasan QS. Al Baqarah:148 berlomba dalam kebaikan
    QS. Al Fatir : 32 tingkatan umat Islam yang meneri-ma al_qur’an: mengani-aya diri, pertengahan dan ada yang lebih cepat untuk berbuat kebaikan
    QS. An Nahl : 97 Balasan bagi orang yang beramal Shalih

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar
o    Kegiatan
    Siswa dibagi dalam ke-lompok. Masing-masing kelompok 4 orang
    Menggali informasi mengenai tafsir dari ayat tentang berkompetisi dalam kebaikan dari  berbagai sumber belajar
    Membahas satu persatu kandungan QS. al Ba-qarah:148; QS. Al Fatir: 32 dan  QS. An Nahl : 97 dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
    Menyimpulkan hasil dis-kusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tugas Individu



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
4.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang berkompetisi dalam kebaikan

B.    Kompetensi  Dasar
4.3    Menceritakan perilaku orang yang mengamalkan QS. Al Baqarah:148; QS. Al Fatir : 32 dan QS. An Nahl : 97

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menunjukkan perilaku orang berlomba dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah:148.
    Menunjukkan tingkatan perilaku orang orang mukmin dalam mengamalkan al-Qur’an seperti terkandung dalam  QS Faathir:32
    Menunjukkan perilaku orang mukmin laki-laki dan perempuan yang mengerjakan amal shalih

D.    Materi Pembelajaran :
    Perilaku  orang yang mengamal-kan QS. al Baqarah:148, QS. Al Fatir : 32, QS. An Nahl : 97

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar
o    Kegiatan Inti
    Siswa dibagi dalam ke-lompok.Masing-masing kelompok 4 orang
    Memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang melaksanakan kebaikan..
    Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang melakukan kegiatan berlomba untuk kebaikan
    Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai contoh perilaku orang yang melakukan aktifitas untuk kebaikan

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tugas Individu



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
4.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang berkompetisi dalam kebaikan

B.    Kompetensi  Dasar
4.4    Mengidentifikasi hikmah perilaku berkompetisi dalam kebaikan

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Melaksanakan hidup yang dinamis(berkembang)
    Mendorong senantiasa bersemangat dalam usaha dan melakukan amalan yang positif
    Meyakini adanya balasan dari setiap perbuatan yang baik.
    Mendorong berloma- lomba dalam bersedekah
    Mendorong berlomba-lomba dalam menuntut ilmu
    Meningkatkan keyakinan bahwa orang yang banyak berbuat kebaikan akan mendapat karunia yang amat besar dan kehidupan yang lebih baik.
    Mendorong mengubah perilaku dengan perbuatan yang lebih baik

D.    Materi Pembelajaran :
    Hikmah perilaku berkompetisi dalam kebaikan

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar
o    Kegiatan Inti
    Siswa dibagi beberapa kelompok.
    Menggali informasi dari beberapa sumer tentang hikmah berkompetisi dalam kebaikan.
    Secara berkelompok mendiskusikan hikmah berkompetisi dalam kebaikan dari Q.S. Al-Qoshosh, Al-Isro’:26-27, 29-30, Al-Baqoroh:177 dan hadits tentang berlomba-lomba dalam kebaikan
    Mengambil kesimpulan hasil diskusi

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar
    Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Lingkungan sosial
    Media audio visual

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tugas Individu



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
4.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang berkompetisi dalam kebaikan

B.    Kompetensi  Dasar
4.5    Menerapkan  perilaku berkompetisi dalam kebaikan. seperti terkandung dalam QS. Al Baqarah :148, Al Fatir : 32 dan QS. An Nahl : 97

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Melakukan aktifitas yang baik didasari dengan niat yang ikhlas
    Memprakarsai untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.
    Meningkatkan kualitas dalam ibadah
     Meyakini adanya balasan dari setiap perbuatan yang baik.
    Meningkatkan kuantitas dalam  dalam bersedekah
    Meningkatkan usaha untuk meraih keberhasilan dalam menuntut ilmu
    Meyakini bahwa orang yang banyak berbuat kebaikan akan mendapat karunia yang amat besar dan kehidupan yang lebih baik.
    Mengubah perilaku dengan perbuatan yang lebih baik

D.    Materi Pembelajaran :
    Penerapan perilaku berkompetisi dalam kebaikan. seperti terkandung dalam QS. Al Baqarah :148, Al Fatir : 32 dan QS. An Nahl : 97

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar
o    Kegiatan Inti
    Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari
    Q.S. Al-Qoshosh, Al-Isro’:26-27, 29-30, Al-Baqoroh:177 dan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa.
    Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai
    Berlomba dalam kebaikan

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.
    Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar
    Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Lingkungan sosial
    Media audio visual

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tugas Individu


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
5.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits tentang amar maruf nahi munkar

B.    Kompetensi  Dasar
5.1    Mengartikan QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Membaca QS. Ali Imran: 104
    Membaca QS Al-Maidah :78-80
    Maembaca QS Ash-Shaff  : 3
    Membaca hadits tentang amar makruf nahi munkar
    Menyebutkan makna mufradat
    Mengartikan QS. Ali Imran : 104
    Mengartikan QS Al-Maidah :78-80
    Mengartikan QS Ash-Shaff : 3
    Mengartikan hadits. tentang amar makruf nahi munkar

D.    Materi Pembelajaran :
    QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar
o    Kegiatan Inti
    Siswa dibagi beberapa kelompok.
    Tiap kelompok membaca ayat ,dan saling menyimak serta membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat dalam bacaannya.
    Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat dengan tanya jawab.
    Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  yang terkait dengan amar makruf nahi munkar

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tugas Individu


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran



A.    Standar Kompetensi:
5.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits tentang amar maruf nahi munkar

B.    Kompetensi  Dasar
5.2    Menjelaskan kandungan QS. Ali Imran : 104 ; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3dan Haditstentang amar makruf nahi munkar

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menjelaskan kandungan ayat tentang menyeru kebaikan dan amar makruf nahi seperti terkandung dalam QS. Ali Imran:104.
    Menjelaskan kandungan ayat tentang ancaman bagi yang meninggalkan amar makruf nahi munkar seagaimana terkandung dalam QS Al-Maidah : 78-80
    Menjelaskan asbabun nuzul QS Ash-Shaff : 3
    Menjelaskan kandungan ayat tentang kebencian Allah kepada orang yang hanya berbicara tapi tidak melaksanakan apa yang dibicarakan seb agaimana terkandung dalam QS Ash-Shaff:3
    Menjelaskan kandungan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa’

D.    Materi Pembelajaran :
    Kandungan QS. Ali Imran : 104
    tentang perintah menyeru kebaikan ,melaksanakan amar makruf dan mencegah kemunkaran. Hadis tentang cara dan tahapan dalam melaksanakan amar makruf nahi munkar
    Kandungan QS Al-Maidah: 78-80; tentang ancaman bagi orang yang meninggalkan amar makruf nahi munkar
    Kandungan QS Ash-Shaff :3 Allah membenci orang yang hanya bisa mengatakan sesuatu tapi tidak mengamalkannya.
    Kandungan hadits tentang tahapan merubah kemunkar-an merubah dengan kekuasaannya, dengan lisan (nasehat) dan dengan hati(mendoakannya)

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi


F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar
o    Kegiatan Inti
    Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
    Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari ayat amar makruf nahi munkar dari  berbagai sumber belajar
    Membahas  kandungan QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar.
    dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
    Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tugas Individu







Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran



A.    Standar Kompetensi:
5.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits tentang amar maruf nahi munkar

B.    Kompetensi  Dasar
5.3    Menunjukkan perilaku orang yang mengamal-kan QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menunjukkan perilaku orang mengajak kepada kebaikan seperti terkandung dalam QS. Ali Imran :104.
    Menunjukkan akibat orang yang tidak melaksanakan amar makruf nahi munkar seagaimana digam-barkan dalam QS Al Maidah :78-80
    Menunjukkan perilaku orang yang hanya bisa berbicara dan tidak melaksanakan apa yang dibica-rakan ,mereka termasuk takabbur seperti terkandung dalam QS Ash-Shaff :3
    Menunjukkan perilaku orang melaksanakan amar makruf nahi munkar seperti terkandung dalam QS. Ali Imran: 104.
    Menunjukkan perilaku orang yang mencegah kemunkaran dengan cara menasehati atau menegur (billisaan) secara baik seperti  terkandung dalam Hadits tentang amar makruf nahi munkar.
    Menunjukkan perilaku orang yang yang mencegah kemunkaran dengan mendoakannya(bil qalb) seperti yang terkandung dalam Hadits tentang amar makruf nahi munkar

D.    Materi Pembelajaran :
    Perilaku orang yang mengamalkan QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3  dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar
o    Kegiatan Inti
    Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
    Memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang melaksanakan Amar makruf nahi munkar
    Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang melakukan kegiatan amar makruf nahi munkar
    Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai contoh perilaku orang yang melakukan aktifitas untuk kebaikan

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas
    Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet
    Lingkungan sosial
    Media audio visual
    Media cetak

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tugas Individu






Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran



A.    Standar Kompetensi:
5.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits tentang amar maruf nahi munkar

B.    Kompetensi  Dasar
5.4    Melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar seperti terkandung dalam QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shof :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Melaksanakan perbuatan yang makruf
    Meninggalkan perbuatan yang munkar
    Melaksanakan perintah untuk melakukan perbuatan yang baik.
    Mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan
    Melaksanakan aktifitas mencegah kemunkaran.
    Mengubah perilaku orang lain yang berbuat munkar agar menajadi aik.
    Mengingatkan orang lain yang berbuat munkar
    Menasehati secara kontinue kepada orang yang berbuat munkar agar menjadi baik.
    Membantu menyelesaikan permasalahan bagi orang yang berbuat munkar
    Meyakini  terwujudnya ancaman bai yang meninggalkan amar makruf nahi munkar
    Membuktikan dengan  sikap dan perbuatan atas segala yang diucapkan agar tidak mendapat adzab Allah

D.    Materi Pembelajaran :
    QS. Ali Imran : 104 ; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shof :3dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar
o    Kegiatan Inti
    Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan QS. Ali Imran : 104 ; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shof :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar.
    Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai beramar makruf nahi munkar
    Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai
    Beramar makruf nahi munkar

o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas
    Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet
    Lingkungan sosial
    Media audio visual
    Media cetak

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tugas Individu







Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran


A.    Standar Kompetensi:
6.    Memahami ayat al-Qur’an dan hadits tentang ujian dan cobaan

B.    Kompetensi  Dasar
6.1    Mengartikan QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian dan cobaan

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Membaca QS. Al-aqarah: 155
    Membaca Hadits. tentang ujian dan cobaan.
    Menyebutkan makna mufradat
    Mengartikan QS.Al-Baqarah: 155
    Mengartikan Hadits ujian dan cobaan

D.    Materi Pembelajaran :
    QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian dan cobaan

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan ujian dan cobaan
o    Kegiatan Inti
    Siswa dibagi dalam kelompok.
    Tiap kelompok mem-baca ayat, dan masing-masing saling menyi-mak dan membetulkan bacaan apabila adayang kurang tepat dalam bacaannya.
    Setiap kelompok mem-pelajari makna mufro-dat dengan tanya jawab
    Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  yang terkait dengan ujian dan cobaan
o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tugas Individu





Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran



A.    Standar Kompetensi:
6.    Memahami ayat al-Qur’an dan hadits tentang ujian dan cobaan

B.    Kompetensi  Dasar
6.2    Menjelaskan kandungan QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian dan cobaan

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menjelaskan kandungan ayat tentang macam-macam cobaan yang diberikan kepada manusia. seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah: 155
    Menjelaskan kandungan hadits tentang macam – macam ujian dan alasan bagi yang tahan uji seperti terkandung dalam hadits

D.    Materi Pembelajaran :
    Kandungan QS. Al-Baqarah: 155 Allah memberikan cobaan kepada ma-nusia dengan sedikit ketakutan, kela-paran, kekurangan harta, jiwa, namun memberikan berita gembira kepada orang-orang yang sabar
    Hadits tentang ujian dan cobaan.
    Allah memberikan beberapa ujian dan akan enghapuskan dosa agi orang yang tahan uji

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan ujian dan cobaan
o    Kegiatan Inti
    Siswa dibagi dalam beberpa kelompok.
    Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari ayat tentang ujian dan cobaan dari  berbagai sumber belajar.
    Membahas  kandungan ayat dan hadits      dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
    Menyimpulkan hasil diskusi
o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tugas Individu




Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran



A.    Standar Kompetensi:
6.    Memahami ayat al-Qur’an dan hadits tentang ujian dan cobaan

B.    Kompetensi  Dasar
6.3    Menunjukkan perilaku orang yang tabah dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan sebagaimana terkandung dalam  QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian dan cobaan

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Menunjukkan perilaku orang yang sabar dalam menghadapi bebberapa ujian seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah: 155
    Menunjukkan perilaku orang yang tabah dan tahan uji seperti terkandung dalam hadits tentang bujian dan cobaan

D.    Materi Pembelajaran :
    QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian dan cobaan

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan ujian dan cobaan
o    Kegiatan Inti
    Siswa dibagi dalam kelompok, per kelom-poknya 4 orang
    Memperhatikan ta-yangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang melaksanakan kebaikan
    Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang melakukan kegiatan untuk kebaikan
    Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai contoh perilaku orang yang melakukan aktifitas untuk kebaikan
o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet
    Lingkungan sosial
    Majlis ta’lim
    Media audio visual
    Media cetak

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tugas Individu




Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran    :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester    :  XI / Genap
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran



A.    Standar Kompetensi:
6.    Memahami ayat al-Qur’an dan hadits tentang ujian dan cobaan

B.    Kompetensi  Dasar
6.4    Menerapkan perilaku tabah dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan seperti yang terkandung dalam QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian dan cobaan

C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
    Meningkatkan pendekatan diri kepada Allah apabila mengalami kecemasan dan ketakutan
    Membiasakan bersifat saar pada saat mendapat ujian sakit dan lapar
    Memiliki sikap optimis dan hati yang lapang pada saat mendapat cobaan sulit dan miskin.
    Berakhlak yang mulia apabila mendapat ujian mendapat nikmat dan rizki yang lebih
    Meningkatkan aktifitas membaca al-Qur’an dan dzikir untuk menenangkan batin.
    Meyakini dalam hati dibalik ujian dan cobaan serta segala ketentuan Allah pasti ada hikmah.
    Berusaha untuk memperoleh hikmah dari setiap permasalahan

D.    Materi Pembelajaran :
    QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian dan cobaan

E.    Metode Pembelajaran
    Model : Kooperatif Learning (Information Search)
    Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluan
    Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    Tanya jawab secara klassikal penerapan ujian dan cobaan
o    Kegiatan Inti
    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
    Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan QS. al-Ba-qarah:155 dan hadits tentang ujian dan cobaan
    Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan berdiskusi mengenai ujian dan cobaan
o    Penutup
    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
    Guru memberikan tugas
    Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.    Sumber Belajar :
    Buku pelajaran siswa
    Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
    Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
    M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
    Referensi perpustakaan
    Internet
    Lingkungan sosial
    Majlis ta’lim
    Media audio visual
    Media cetak

H.    Penilaian
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
    Jenis Tagihan:
–    Tes Tulis
–    Tugas
    Bentuk instrumen
–    Tes Qbyektif
–    Tugas Individu

Mengetahui,
Kepala MA



……………………………        …………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

No comments:

Post a Comment

Post a Comment